Pages

Rabu, 28 Oktober 2015

Wisata Kota Pontianak

Pontianak terkenal dengan garis Khatulistiwanya. Kota ini memang menjadi salah satu wilayah di dunia yang dilalui oleh garis imajinasi yang membagi bumi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Untuk menguatkan predikatnya sebagai Kota Khatulistiwa, di Pontianak didirikan sebuah tugu tepat di lokasi yang diduga sebagai garis tengah bumi tersebut.
Pontianak juga dilalui oleh dua sungai yaitu sungai Landak dan sungai Kapuas. Tak hanya populer dengan garis khatulistiwa dan Sungai Kapuasnya, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa dibanggakan, yaitu :
1. Rumah Betang Radakng
pontinesia.tumblr.com
Rumah Betang Radakng adalah replika dari rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat dan merupakan tempat wisata favorit bagi pemerintah kota rumah radankng ini pernah meraih rekor panjang nya mencapai 138 meter, lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.





2. Tugu Kahtulistiwa 
www.dodaholiday.com
Nah ini adalah salah satu pusat kota Pontianak dan merupakan tugu banggaan warga Pontianak  mengapa? Karena tugu ini tempat dengan titik matahari. Di tugu ini terdiri 4 pilar kayu belian, 2 pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pada pilar bagian depan. 






3. Masjid Jami Pontianak
bimasislam.kemenag.go.id
Masjid ini adalah masjid Sultan Syarif  Abdurahman. Masjid jami Pontianak menjadi asal mula kota pontiank bersama. Bangunan masjid ini memiliki atap masjid yang bertingakat empat. Sementara di dalamnya juga terdapat empat pilar utama dari kayu belian berdiameter kira kira 0.5 meter




4. Taman Alun – Alun Kapuas
www.yukpegi.com
Ternyata di tepian Sungai Kapuas juga banyak dimanfaatkan oleh pemerintah kota salah satunya taman rekreasi keluarga. Tempat wisata ini tepat berada di depan kantor walikota banyak orang mengunjungi tempat ini pada saat sore dan malam hari. 






5. Museum Kalimantan Barat
mademoisellejoanne.blogspot.com
Museum yang berada di Kalimantan Barat ini disebut juga sebagai Museum Negeri Pontianak. Museum ini ada pembagian tiga zona yang tiga zona tersebut memiliki koleksi yang berbeda – bedas mulai dari penemuan artefak di  kalbar, benda benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar